Minggu, 11 November 2012

Kenapa Berat Badan Bayi Susah Bertambah

Sebagai orang tua, tentu sedih melihat tubuh si buah hati lebih kurus dibanding teman-temannya. Padahal, rasanya semua trik sudah dilakukan, tetap saja berat badan sulit sekali naik.

Tak selalu tak normal
Bila berat badan tidak naik sesuai standar yang ada, terutama pada bayi di bawah usia tiga tahun, haruslah kita cari penyebabnya. Tetapi yang perlu diingat, ada beberapa anak memang berperawakan kecil, dan bukan berarti ia kekurangan gizi. Pada usia di atas satu tahun, -bila melihat kurva pertumbuhan anak normal- memang akan ada perlambatan pertumbuhan yang ditandai dengan berat badan tak terlalu banyak naik.
Jangan terlalu menyalahkan diri bila anak berperawakan kecil. Mereka kecil tetapi yang terpenting sehat dan aktif. Mungkin saja orang tuanya pun memang berperawakan mungil, atau anak memiliki constitutional growth delay. Keadaan ini terjadi pada anak yang perawakannya kecil pada masa kanak-kanak dan sebelum pubertas. Tetapi mereka akan melesat pertumbuhannya saat pubertas nanti.
Waspadai penyebab lain
  • Anak yang sering sakit atau punya penyakit kronis juga cenderung sulit naik berat badannya. Penyakit kronis antara lain tuberkulosis, kelainan jantung bawaan, penyakit paru kronis, penyakit ginjal. Beberapa jenis gangguan pencernaan seperti diare atau pun kelainan saraf dan otot bisa menyebabkan berat badan pun sulit naik.
  • Kekurangan vitamin atau mineral tertentu bisa pula mempengaruhi nafsu makan si kecil atau menyebabkan daya tahan tubuhnya menurun hingga sering sakit dan ia tak mau makan, berat badannya pun sulit naik. Seperti kelompok vitamin B, zat besi, selenium, dan zat seng.
  • Pada kasus yang lebih jarang, berat badan susah naik bisa jadi petanda anak punya kelainan genetik atau si kecil memang sejak lahir sudah termasuk berat badan lahir rendah (BBLR).
  • Jangan dilupakan proses makan juga dipengaruhi faktor non organis. Melalui makan, anak tak hanya diberikan nutrisi tetapi juga belajar berinteraksi dan ini dipengaruhi faktor psikologis. Bisa jadi faktor berasal dari anak, orang tua, atau keduanya. Misalnya, orang tua terlalu membatasi jenis makanan yang boleh dikonsumsi anak, atau sebaliknya –yang lebih jarang- orang tua tak memiliki aturan makan hingga membebaskan anaknya mau makan atau tidak. Dari faktor anak, bisa jadi ia memang seorang anak yang pemilih, hanya ingin makan makanan tertentu saja. Orang tua yang sedang dalam masalah pelik atau belum berpengalaman juga bisa mempengaruhi pertumbuhan anak.
Mensiasati berat badan sulit naik
  • Kebanyakan, berat badan anak tak naik karena memang mereka tak mendapat nutrisi cukup. Mungkin mereka terlalu banyak ngemil atau terlalu pemilih. Pastikan mereka mendapat makanan yang tinggi kalori dan kaya nutrisi
  • Tak ada obat pasti yang bisa meningkatkan nafsu makan anak secara jangka panjang. Jadi pola makan sehat, itulah yang dapat diterapkan:
  • Biasakan anak rutin makan tiga kali sehari dengan tiga camilan tiap harinya
  • Tawarkan makanan tinggi kalori dan tambahkan lemak pada makanan si kecil seperti krim, mentega, margarin, minyak.
  • Pada bayi yang masih minum susu formula, salah satu caranya adalah dengan menambahkan jumlah takaran susu agar lebih kental, namun konsultasikan terlebih dahulu pada dokter Anda.
  • Kurangi minuman bercita rasa, pilihlah minuman yang tinggi kalori
  • Tambahkan menu daging-dagingan atau alternatifnya seperti keju atau kacang kedelai
  • Berikan makanan/minuman suplemen bernutrisi tinggi
  • Berikan suplemen mineral dan vitamin
  • Ciptakan suasana yang menyenangkan. Anda tak bisa memaksa anak makan tetapi Anda bisa menawarkannya makanan yang kaya akan kalori.
Referensi :
  • Hilliard RI. Nutrition Problems in Childhood. In: Feldman W. Evidence-Based Pediatrics. BC Decker Inc. Canada, 2000. Page65-82

1 komentar:

  1. Kondisi baby ku juga seperti hal itu, ia mau makan, namun udah 2 bulan berat badannya tetap, tidak ada kenaikan, namun kalo aktivitas gerak lincah banget, ngak mo diam. sekarang aja usia 10 bulan dah bisa jalan. cemas juga seh... thanks atas infonya

    BalasHapus